Saturday, February 19, 2011

Dulu Magang Sekarang...

Selamat Pertengahan bulan Februari 2011,,

Halo,, sudah lama saya tidak update..

Kabar pertama adalah, Sekarang saya sudah 4 bulan bekerjaaaaaaaaa....
dan kantor yang sangat beruntung itu adalah sebuah multinasional agency bernama ADWORK EURO, letaknya di jalan Guntur no 48.

Hal yang paling menegangkan adalah saya yg jr. AE diberi tanggung jawab untuk mentoring seorang anak
magang. Kebayang gimana rasanya tutoring anak magang padahal baru beberapa bulan kemaren saya juga seorang anak magang. Memang sih saya jadi sedikit flashback dan mengenang masa magang saya itu serta membandingkan saya dulu sebagai anak magang dengan anak magang ini.

Dulu pas jadi anak magang saya tidak pernah berharap terlalu banyak oleh mentor saya, saya akan kerjakan yang mentor saya suruh, dan menyelesaikan sesuai kemampuan saya. dan ga mau jadi anak magang yang banyak mau dan minta. Memang sih saya akan bertanya klo ada atau tidak ada pekerjaan, malah saya maunya tidak ada kerjaan deh, Soalnya pas saya magang sekalian saya bisa internetan sesukanya..hahahaha
dan pada saat itu saya paling takut sama AD saya, bener-bener deh, AD saya memang orang yang baik, tapi dia sepertinya menjaga jarak sama orang yang ga dia kenal, secara sebagai anak magang saya hanya akan berganti dengan orang lain lagi dan she's dont want so much attached.

Secara lingkungan memang beda yah, karena saya dulu magang di agency yang ada ekspatriatnya, jadi mereka ngomong bahasa lain saya manggut-manggut ajah.. *ga ngerti soalnya. Dan ada anak magang lain yang sama-sama disitu, jadi kita bisa share apa yang lagi dikerjain, ngomongin mentor masing-masing, saling iri-iri positif klo ada anak magang dapat pengalaman yang lebih dari kita.
klo di kantor saya sekarang, kok saya liatnya anak magang ga saling deket deh..
Padahal kan bisa aja share suka dan duka, dan alasan bosan itu bisa dianulir karena bosannya bareng-bareng sama sesama anak magang.

Klo anak magang sekarang pada suka lembur yah, secara dia kosannya ga jauh dan pulangnya nebeng taxi gwe pantes dia tenang-tenang aja..hahaha
Jadi ingat klo saya adalah anak magang yang selalu pulang jam stgh 6, juga magang suka rela, dan naik kereta lagi...hahahaha

Saya sadar klo jadi anak magang itu ada enaknya dan ga enaknya.Klo kita dikasi tanggung jawab yang lebih jadinya ga enak, klo ga dikasi kerjaan juga ga enak.Dan agak susah buat anak magang dibawa untuk keluar ketemu klient. Lagipula ada beberapa produk yang musti dirahasiakan keberadaanya karna produk itu sedang prepare campaign baru.

Saya mengerti banget perasaan anak magang, apalagi klo pernah dijanjikan untuk bisa ikut satu proyek dan ternyata pada saat proyek di jalankan malah ga boleh ikut, memberi harapan dan menjatuhkannya serta seakan tidak ada yang peduli sama perasaan dia.Tapi itu akan ngasi dia cerita buat kehidupannya nanti * i hope..
ceritanya waktu itu saya harusnya diajak onnline tvc tapi karena ada klient bos yang datang akhirnya ga jadi, lagian klo online kan pasti malam, trus pake duit taxi sendiri lagi pulangnya, jadi saya bersyukur juga sih ga jadi diajak..hahaha

BIG NO for the Mentor (Just for Fun)
Tapi klo dari sisi mentor juga susah deh, setiap hari  musti mikir mau kasi kerjaan apaan.Masaan dia gw suruh nulis email ke klient, bikin brief atau pergi supervisi. Apalagi klo udah banyak tanya jadi nyebelin yah..hahahah

Klo anak magang memang musti di kantor aja soalnya, Kebanyakan sih ngerjain hal-hal administratif, kyak follow up email mentor, bikin tanda terima buat ngirim materi, ato ga yah bengong-bengong aja.Thats why kita perlu bersosialisasi sama anak magang lain, atau team lain yang tidak sibuk.Karna kesempatan untuk dapat link itu pada saat kita magang, pasti berguna kok buat masa depan kita.

Dan yang paling pantang dilakukan oleh anak magang adalah mengeluh, terus keluhannya itu diketahui sama mentornya..Makanya dulu pas saya magang, saya ga update status facebok yang aneh-aneh. soalnya mentor saya penggila facebok.Saya ga mau mereka mikir macem-macem klo saya update status yang ambigu, dan membuat mereka mengira-ngira apakah saya menyindir mereka atau tidak, kan bisa bikin suasana ga enak dan walopun saya tidak bermaksud mengeluh, mereka akan ngira saya mengeluh dan pada akhirnya mereka jadi jaga jarak sama saya..

Well, untuk dirimu yang sedang atau akan magang, jangan pernah menunjukkan perasaan bete, ataupun bikin suasana ga enak yah,, soalnya anak magang itu cuman sebentar dan berikanlah kenangan yang baik agar orang-orang di tempat kamu magang ingat kamu,
Jadilah berbeda. Berbeda dalam artian yang positif, terlalu ceria atau terlalu sok kenal juga ga baik siii..
Pokoknya jangan dibawa perasaan semua hal yang bikin kamu ga enak, just keep it for your story and its gonna sounds great if you share your the story with your friends.
Jangan juga bergosip dengan mentormu yah, just keep your mouth shut, karena sesama mentor juga sharing atau ngomongin kamu kok,, dan berdoalah semoga yang mereka ceritakan adalah hal yang baik tentang kamu.

# Apa yg kamu inginkan tak akan selalu kamu dapatkan, namun percayalah bahwa Tuhan selalu memberikan apa yg kamu butuhkan #

Quote hari ini : Gosok Gigi Sebelum Tidur.

Semoga berguna yah kawand..

No comments: