Wednesday, July 18, 2012

To Make You Feel Better

Seminggu telah berlalu
Masi saja ada kamu disini, di hati, berdiam di sisi luka yang terbuka.
hanya diam, tatapan kosong yang aku temui di mimpiku tadi malam
"setidaknya kamu masih disini", ujar hatiku
Masi ingat hari dimana aku kehilanganmu


Hujan yang dulu begitu aku sukai menemani malamku dan sekali lagi tanpa dirimu.
kita pernah bersama dan saat ini aku tersenyum.
Maaf yang berulang ku katakan
Maaf yang kamu terima dengan hampa
Maaf karena tak pernah ada kamu di hati, saat ini dan kemarin


"Maaf", sebuah kata yang saya sangat sukai.
kata yang menunjukkan betapa menyesalnya kita terhadap kesalahan yang kita kerjakan.
"Maaf", sebuah kata yang saya sangat hargai.
kata yang menggambarkan bahwa kita tidak akan melakukan kesalahan itu lagi.
"Maaf", sebuah kata yang saya sangat coba hindari penggunaannya.
kata yang memperlihatkan kemampuan berbesar hati untuk menyadari kesalahan.

Bagi saya "Maaf" begitu bermakna, kata yang saya sukai, hargai dan sering kali saya coba hindari penggunaannya.

Tapi ada beberapa dari kalian yang kadang menggunakan kata "Maaf" begitu mudahnya
salah satu lirik Incubus berdentang di kepala saya
"I only apologized to make you feel better"
PAPER SHOES - INCUBUS
berulang kali kalimat ini memukul bagian otak saya yang idealis, berulang kali - terus berulang.
begitu mudahnya kata "Maaf" dapat terucap, bukan karena kalian menyesali perbuatannya tapi untuk membuat dia/ saya merasa lebih baik.

Begitukah??
Haruskah kata "Maaf" menjadi tameng kita terhadap penyesalan ?
Haruskah kata "Maaf" menjadi pembenaran terhadap kesalahan ?
Haruskah kata "Maaf" menjadi perlindungan akan kemarahan ? , atau mungkin
Haruskah kata "Maaf" menjadi penyelesaian akan masalah ?

Bagi saya sekali berkata "Maaf" adalah hal yang sulit, karena "Maaf" adalah ego, "Maaf" adalah mandat, "Maaf" adalah aku! sehingga sekali saya berkata "Maaf" maknanya begitu besar.

Tapi kembali saya yang idealis harus berdiri bersandingan dengan dunia.
karena begitu banyak kalian yang mengucapkan kata "Maaf" seperti Incubus, to make you feel better.

Saya yang idealis dengan Incubus berdiri bersandingan.
Memaknai kata "Maaf" dalam penafsiran yang berbeda.
Memaknai kata "Maaf" yang berarti memaknai kamu.
Memaknai tiap kata yang dimaknai berbeda oleh kita.

"Maaf" karena aku tak mengenal kamu hingga sampai saat ini aku tetap memaksakan pemaknaan ku.
"Maaf" to make you feel better..

No comments: