Friday, May 17, 2013

Surga Terjauh

Apa yang ada di benak sebagian kita saat mendengar kata Pulau Papua? yang pertama adalah Jauh, kedua Hutan, ketiga Laut.

Papua  merupakan daratan paling timur Indonesia, selama ini saya hanya menikmati keindahannya dari jauh, layar televisi, video dan foto di internet. Kadang sesekali bertemu dengan orang yang merantau ke Jakarta dari Papua. Mereka bercerita tentang makanan, penduduk lokal, flora dan fauna serta keindahan alam yang sedianya sangat berbeda dengan hiruk pikuk Ibu Kota.

Kadang mendengar cerita orang perantau membuat darah berdesir, karena keindahannya hanya ada di angan-angan. Kadang jadinya pun malu, karna kita sesama orang Indonesia namun merasa asing, tak tersentuh, malu karena seringnya menjelajahi negeri orang daripada negri sendiri.

Pencetus Kemerdekaan Indonesia sangatlah hebat, mereka mempertahankan dan mempersatukan Indonesia dari Sabang sampai Marauke agar penduduknya saling menyapa, saling bertemu, saling memuji akan keindahan masing-masing alamnya. Dari Jauh namun terasa Dekat.

Satu yang menarik minat menjelajah Papua adalah Festival Danau Sentani, Festival yang pertama kali diadakan pada tahun 2008 ini, akan kembali diadakan pada tahun 2013 dari 19 - 23 Juni 2013. Festival tari-tarian yang hanya ada di papua dan nyaris hilang dengan tema One For All (Satu Untuk Semua). Tidak hanya tari, Festival Danau Sentani akan diramaikan juga dengan atraksi kebudayaan seperti seni ukir kulit kayu dari Kampung Assei dan berbagai lomba tradisional yang hanya ada di Papua.
Andai bisa benar-benar kaki terpijak tanahnya papua. Menghirup udaranya dan memotret alamnya dengan mata. Agar tidak sia-sia perdamaian yang digagas sang pendahulu kita. Memastikan bahwa tanah itu terjangkau.

Adira Faces Of Indonesia, menggapaikan mimpi beberapa diantara kita. Surga terjauh yang menjadi dekat oleh Adira.
Surga terjauh itu Indonesia

Note:
Artikel ini dibuat dan diikutsertakan dalam perlombaan Adira Jelajah Papua dengan referensi dari http://www.indonesia.travel/id/event/detail/624


No comments: