Sunday, June 12, 2011

Sekedar Tujuan atau Tujuan yang sekedarnya...

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, tujuan diartikan sebagai berikut:
tu.ju.an
[n] (1) arah; haluan (jurusan); (2) yg dituju; maksud; tuntutan (yg dituntut)

Definisi tujuan menurut saya sama dan tidak lebih baik dari pada si kamus bilang, Tujuan adalah sesuatu yang kita jadikan alasan untuk terus bertahan hidup, bekerja, dan berusaha dalam rangkaian untuk mencapai hal tersebut.


Ketika saya ditanya mengenai, apa yang menjadi tujuan saya,, saya pasti bertanya tujuan dalam bidang apa?? Karena saya membagi tujuan saya dalam scope-scope besar,, seperti kehidupan, karir, dan impian. Saat ini bukan tujuan saya yang akan saya bahas tapi adalah proses apa yang terjadi dalam menetapkan tujuan.

Bukan saya sok pintar, sok filsafat dan atau sok ngarang,,, hanya saja saya menemukan banyak sekali orang yang tidak pernah jelas menetapkan tujuan mereka, bahkan ada juga orang-orang yag tidak memiliki tujuan dalam hidupnya,, paling jelas ada orang yang berfikir “saya jalani hari ini saja dulu, sedangkan hari esok saya pikirkan besok.” Omong kosong apa lagi itu??

Kenapa ada orang tidak mempunyai tujuan dalam hidupnya???? Saya sampai sekarang ga habis pikir, ada juga orang seperti itu,, percuma berdebat sama orang yang ga punya tujuan dalam hidupnya, karena sebenernya dalam diri orang tersebut sudah tidak ada yang bisa dijadikan alasan untuk hidup, orang yang tidak mempunyai tujuan berarti orang-orang yang tidak memiliki kemauan untuk bisa melakukan hal-hal, orang-orang yang secara sadar sudah menyadari jika mereka tidak memiliki kemampuan.

Percayalah, setiap manusia diciptakan untuk dapat hidup, bertahan melalui masalah. Percayalah bahwa manusia dihadapkan pada masalah untuk menjadikan hidup lebih bermakna, menjadikan hidup lebih baik. Jika memang sudah lelah, tidak mau hidup,, maka berdoalah kepada Tuhan agar segera dipanggil,, bahkan matipun adalah tujuan kan……..

Mungkin bagi orang-orang yang tidak memiliki tujuan, hidup adalah mudah, hidup hanyalah sebuah proses respirasi, makan dan minum, juga reproduksi. Orang-orang tanpa tujuan adalah orang-orang egois yang tidak memikirkan bahwa mereka memiliki keluarga dan lingkungan sekitar, karena jika mereka sadar maka mereka akan memiliki sebuah penggerak untuk menetapkan tujuan dan berjuang untuk mendapatkannya.

Tujuan saya untuk menulis adalah untuk membuka pemikiran akan tujuan Anda dalam hidup, karir, dan mimpi.

Semoga berguna dan tidak berguna..

Jabat erat
sarah

No comments: