Thursday, August 26, 2010

Magang (Part 1)

Haiii,, have you read the magang part 0,,
if you don't, please read it first, so you'll understand the rules.. hehehe
(*gegayaan)

if you do read the magang part 0, lets cekidott..

Posting ini merupakan pengalaman magang saya yang pertama,,
di sebuah perusahaan periklanan multinasional amerika (agency), di daerah proklamasi. sebagai seorang account executive/client service.
the fact is, saya bisa masuk ke perusahaan ini secara tidak sengaja,,


Cerita awalnya saya kepengen banget magang di bagian kreatip sebuah perusahaan lain, tapi ga keterima mulu,, memang sebenernya waktu itu bukan waktu yang diperlukan untuk magang tapi saya kepengen soalnya temen-temen saya ada beberapa yang sudah magang, keki dong masa saya kagak *padahal saya yang paling semangatt!!
hehehe..

alhasil, ketika temen saya menawari magang di perusahaan itu saya mau-mau saja..
saya langsung diterima oleh mentor saya ini, klo inget pas disuruh datang interview itu dalam keadaan kucel, panas, trus diinterview di kantin kantor.. *agak ajaib mbak mentor saya ini..
sepertinya si mentor saya ini emang lagi banyak banget kerjaan, sehingga di bisa menoleransi persyaratan yang dibuat oleh agency ini, coba kita liat persyarantannya :

1. Ga di bayar. Saya oke-in tuh, gpp deh ga dibayar kesempatan magang ini susah banget dicarinya. lagian ada transportasi sepanjang masa yaitu KRL.

Meja pertama saya
2. Harus punya laptop. nah, klo masalah laptop, mentor saya yang minjemin, walopun sebenernya bisa aja pake kompi kantor, tapi gw ga dibagi pinjem,, tapi gpp deh soalnya saya dipinjemin apple mac,,kapan lagi ya kannn..

sebenernya persyaratannya cuman 2 tapi ada yang ga tertulis yaitu :

3. jam pulang kantor tidak menentu. klo yang ini dari awal saya sudah ngomong sama mentor saya jam pulang'a 17.30 WIB, mentor saya ngerti banget rumah saya nun jauh di perkampungan modern, susah akses klo udah malem, apalagi ga dapat ongkos pulang. walopun suka kasian ninggalin mentor saya di kantor, tapi hidup harus tetap berjalan.


Singkat cerita, saya langsung magang pada hari saya diinterview.
dan pekerjaan pertama saya adalah bikin job-request (JR),, job request adalah permintaan tertulis yang dikirimkan ke bagian trafik agar di kerjakan oleh bagian kreatif biasanya berisikan permintaan revisi ataupun permintaan lain yang diinginkan oleh klien.

Pada saat itu saya membantu dalam menangani sebuah produk otomotif impor dari amerika. yang penjualan pertahunnya itu mencapai 24 unit, kuantitasnya emang dikit tapi kualitas pemasukannya guede banget,,heheheh
seperti biasa klo otomotif amerika pasti musuhnya otomotif jepang,,

Kebudayaan di perusahaan amerika ini bisa dibilang santai, rata-rata para account executive (saya akan singkat menjadi AE) masuk kantor jam 10 tau jam 10.30 wib, tapi jangan ditanya kapan mereka pulang, pokoknya melebihi dari jam seorang PNS.hahaha..

Di agency ini saya mengenal perumpamaan-perumpamaan yang digunakan di dunia advertising seperti FA (final art) yang merupakan hasil akhir poster, flyer, atau cetakan-cetakan yang akan di komunikasikan di media cetak, Online-offline-final Mixing merupakan istilah-istilah dalam pembuatan sebuah iklan tv / iklan radio komersial, Competitor review merupakan dokumen mengenai kegiatan yang dilakukan oleh pesaing-pesaing dari produk klien kita, Jobreq (JR), PO (point of purchase), dll.

Hal yang menyenangkan di agency amerika ini adalah, koneksi internet yang sangat loyal, dan tidak ada penutupan website sosial media yang biasa dilakukan di perusahaan lain, sehingga jika kami sedang senggang kami dapat berselancar di dunia online tersebut.
hal lain yang diajarkan oleh mentor saya ini adalah, ketika dia sedang pergi meeting, saya memang in-charge terhadap setiap pekerjaan dia, salah satunya adalah membantu dia menanam dan men-harvest ladang virtual miliknya di Facebook dalam permainan FARMVILLE,, heheheh..

Setiap orang di agency ini sangat welcome dengan anak magang, mereka menganggap kami sebagai part of the team, instead sometimes we're the interns feel little awkward..

Saat saya selesai magang, saya baru tau bahwa agency yang selama 3bulan saya bantu adalah Indonesian's agency of the year pada tahun 2007, 2008, dan 2009 versi citra pariwara. *kok saya baru tau,,hahaha sungguh hal yang aneh,

Setiap kali saya bertemu orang-orang yang paham dunia saya, mereka sampai terheran-heran kok bisa sih, kan magang disana susah banget,, saya interview sebentar langsung masuk,,
pertanyaan yang akan saya ajukan ke mbak mentor saya pada saat waktunya tepat,,
padahal waktu itu, saya sedang desperate, ga ngerti apa-apa masalah advertising dan lainnya, benar-benar buta jalan dan mbak mentor ku (mbak pipiet) yang mengarahkan dan menyakinkan saya seperti apa dunia yang saya jalani ini..
*terharu kannn..hehhehe

Kesimpulannya, pengalaman pertama saya ini sangat berharga, terima kasih sama Allah SWT yang mempertemukan saya dengan mentor saya yang sangat baik ini, (wish all the best thing for her.amin.)
dan jangan pernah berhenti untuk berharap dan berusaha, mesti gagal sekalipun.
karena saya dapat satu hal di agency ini, untuk menyakinkan klien dan target audience itu perlu pendekatan yang berbeda-beda. walau pesan yang akan kita komunikasikan sama tapi cara penyampainnya dapat berbeda-beda.

Sama juga dengan menuju tujuan kita. jika gagal, maka kita perlu melakukan hal yang berbeda dari usaha kita sebelumnya tapi dengan tujuan yang sama.. contohnya saya ingin magang, berulang kali memasukkan CV sebagai copywriter dan tetap gagal, sehingga saya merubah usaha saya dengan menjadi seorang AE, dan akhirnya saya magang juga..hehhe *agak random yaaa...

semoga berguna,,, jabat erat.

Quote hari ini "Mandi dua kali sehari pada pagi dan sore/malam hari"

No comments: