Friday, August 27, 2010

Magang (Part 2)

Meja saya
Selamat Semangat,,
lanjut ke pengalaman magang untuk ke-dua kalinyaa,,

kali ini saya berkesempatan untuk magang di sebuah agency afiliasi dari Jepang,
Arigato Gosaimas!!




ketidak sengaajaan kembali menunjuk saya, akhir april 2010,
seorang teman memberi tahu saya untuk magang disana, dan menjadi seorang account lagi,,
berkesempatan di agency jepang, bisa dibilang kesempatan yang langka, apalagi saya bisa masuk hanya dengan CV biasa saja,,
dan keesokan harinya sudah dipanggil untuk interview.

perusahaan Jepang ini terletak di bilangan Sudirman di salah satu gedung itu lowh, mungkin saya termasuk norak dengan gedung-gedung menjulang.karena baru seminggu masuk saya sudah sakit karena perbedaan suhu dan kelamaan ga nginjek tanah (7jam di lantai 8, dan ketidak sukaan saya sama lift membuat keseimbangan tubuh goyang.hahah )

sistem kerja'a bisa dibilang berbeda banget sama agency Amerika,,
walopun kontent kerjaan tetep sama (Kampanye Komunikasi).

bedanya antara lain:
sistem trilingual yang bisa dianggep membuat gw lebih menyedihkan, bahasa inggris ga lancar, ketemu bos jepang yang pelafalan inggris"a ga jelass..
bos Jepang sih bisa bahasa indonesia, tapi kagok aja ya kann...
emang si kebanyakan produk Jepang yang jadi klien (secara agency dari Jepang).
jadi emang si Ekspatriat Jepang yang musti dampingin, soalnya pendekatan ke klien itu terbagi dua yaitu, Jepang dengan Jepang (Bos-Bos Besar), dan lokal dengan lokal (Manager ketemu Manager), begitu sampe ke bawahnyaa..
aga lumayan ngerepotin sih, klo gw liat,,

well, emang bener klo kebudayaan Jepang itu disiplin,,
agency ini punya bagian monitoring sendiri, jadi mereka bener-bener punya backup dari tiap kampanye yang mereka lakukan (*antara ga mau nyusahin ato emang ga percaya sama perusahaan lain yg capable)
untuk alasan yang tidak jelas, tim account mendapatkan komputer yang sudah kita jumpai di dunia alias PC dengan prosesor yang bahkan SD terpencilpun menolak jika dikasi gratis,, (*ga habis pikir banget!!)
dan dengan alasan yang sama pula, tim account tidak dapat mengakses website-website seperti social media, portal-portal berita, bahkan hardisk'a tidak memiliki dvd writer,, can you imagine that,, were human being, need an interaction and communicate with other people except the client or creative !!
mungkin alasan lain adalah para Jepang ini ga mau ngeliat karyawannya maen2 dan ga ngelakuin pekerjaan dengan baik, apalagi klo ga mencapai target.. *geleng-geleng kepala.

untuk urusan kerjaan, emang saya perlu kasi jempol ke si Jepang ini,,
mereka lebih mengetahui kebudayaan dan pendekatan ke TA Indonesia, dari pada saya,(secara pengalaman mereka dibangding dengan pengalaman gw yang baru nyemplung)

yang memberikan keleluasaan malah datang dari pasangan mentor saya, bersyukur banget bisa mendapat pengalaman membantu produk minuman kesehatan, dan produk elektronik, apalagi saya dapat kesempatan untuk membantu dari awal pembuatan konsep kampanye komunikasinyaa,, walopun untuk eksekusi saya ga bisa ikutan (masa magang habis).
tapi setidaknya saya sudah mendapat basic bagaimana konsep-konsep itu terbentuk.

pasangan mentor saya ini namanya mbak Indah (produk minuman) dan mas Wawan (Produk elektronik), dan bos directornya si mas Ronny, i always pray the best for all of them.
suka kasian deh mereka harus pulang malam terus, Sudirman kan terkenal dengan kemacetan jam pulang kantor, dan saya mulai lagi dengan pulang jam 17.30 WIB (hahaha)
lagian emang mereka klo meeting ga kira-kira waktunya,, klien ama agency bisa dibilang ga pernah punya waktu senggang, kerjaan lebih dari 8 jam but it worth the salary,,hahahah

kebudayaan Jepang membuat saya berfikir, memang sepantasnya lah klo negara mereka maju,,
dedikasi mereka terhadap pekerjaan itu emang lebih-lebih, kehormatan sama orang yang lebih tua dan kemampuan untuk ngasi pembelajaran sama yang baru masuk.
walopun jarang berinteraksi sama si bos Jepang, setidaknya mereka masi mau nyapa gwe yang anak magang ini,,hehehe

ga enak juga kemaren selesai magangnya soalnya mentor (mbak indah) masi belum ngehandle banget kerjaannya, dan dia emang perlu bagnet, tapi apa mau di kata,,
hidup saya harus dilanjutkan ya kann,,masa anak magang mulu,,heheheh

begitulah, sepintas pengalaman saya di agency Jepang ini,,
semoga bermanfaat,,
jabat erat.

Quote hari ini "makan jangan kekenyangan"

No comments: