Thursday, July 21, 2011

Keindahan Dari Keyakinan

Keyakinan,,

Sebuah kata yang menurut saya sangat bermakna, mengucapkan kata ini bisa sangat mudah tapi untuk menjalaninya butuh sebuah usaha, tidak cukup dengan doa tapi juga mimpi.

Dalam pengertian yang saya dapat dari WIKIPEDIA

“Keyakinan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran Karena keyakinan merupakan suatu sikap, maka keyakinan seseorang tidak selalu benar -- atau, keyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran

Dan dalam kamus besar bahasa Indonesia (online)

ke.ya.kin.an
[n] (1) kepercayaan dsb yg sungguh-sungguh; kepastian; ketentuan; (2) bagian agama atau religi yg berwujud konsep yg menjadi keyakinan (kepercayaan) para penganutnya

Kita seringkali di hadapkan pada pilihan, pilihan yang mengarah pada akhir yang berbeda. Proses dalam memilih membutuhkan keyakinan, keyakinan akan sebuah akhir yang kita harapkan, keyakinan akan menjalani sesuatu di depan kita yang kita tidak tau akan terjadi apa, tetapi kita harus tetap yakin.
Keyakinan buat saya adalah sebuah kata ajaib, dengan memahami maknanya kita dapat menjalani kehidupan di dunia ini. Segala aspek dalam hidup membutuhkan keyakinan.

Keyakinan akan hal yang tak pasti, keyakinan akan akhir yang sesuai harapan, keyakinan akan adanya kebahagiaan setelah kesusahan. Tapi disinilah keindahan dari keyakinan, yaitu ketidak tahuan kita akan masa depan, ketidak tahuan kita akan sebuah akhir, ketidak tahuan akan apa yang terjadi 5 menit kemudian, satu jam kemudian, bahkan beberapa tahun kemudian.

Menjalani kehidupan adalah sebuah ketidak pastian, tetapi dengan adanya keyakinan maka kita bisa menjalaninya hari demi hari. Meski entah ada apa hari besok, kita tetap menjalani hari ini berharap besok akan terjadi sesuai dengan setiap harapan dan doa yang hari ini kita panjatkan.

Keyakinan juga berlaku untuk CINTA, cinta adalah keyakinan,,

Keyakinan terhadap seseorang,,

Apa yang membuat banyak orang bertepuk sebelah tangan, bahkan sebelum berjuang dia sudah berhenti, dia tidak cukup yakin akan perasaannya terhadap orang tersebut. Menyakini bahwa saya tidak akan mendapatkan dia, menyakini bahwa perasaan yang saya rasakan hanyalah perasaan sesaat. Menyakini jika saya melanjutkan perjuangan saya, dan mengetahui bahwa hasilnya sia-sia saya akan sakit hati sampai tidak bisa jatuh cinta lagi,,

apa yang membuat pasangan sering bertengkar bahkan putus? Keyakinan akan dia yang saya cintai sudah tidak mencintai saya, yakin bahwa saya bukan lah orang yang tepat untuk dia, yakin bahwa dia bukan orang yang saya butuhkan, yakin bahwa dia tidak setia terhadap saya, yakin bahwa saya berhak untuk mendapatkan orang lain yang lebih memperhatikan saya.

Keyakinan bisa tumbuh ketika kita merasa aman, merasa dapat menjalani sesuatu tanpa takut. Ketika kita merasa tidak aman dan atau ragu, maka keyakinan akan goyah. Begitupun Cinta, ketika kita merasa aman, maka cinta dapat tumbuh. Kita merasa aman bahwa hati kita tidak akan disakiti oleh dia yang kita cintai. Rasa aman bahwa dia akan dapat menjalani kehidupan bersama kita.

Kesedihan, kemarahan, dan penyesalan adalah hasil dari ketidak-yakinan,, dalam hubungan antar dua manusia keyakinan harus datang dari kedua pihak, jika satu pihak sudah tidak yakin maka jangan harap hubungan akan berlanjut. Kita memang perlu sedih, marah, dan menyesal jika hubungan yang kita jalani berakhir tidak sesuai dengan harapan. Tapi jangan menjadikan diri untuk tidak meyakini bahwa setelah kesedihan maka kebahagian akan datang. Kita bahagia karena kita pernah merasakan kesedihan,,

Sebagai orang yang belum mengenal cinta, saya memiliki keyakinan meski tidak terlihat dan tidak teraba cinta itu indah *mengutip lirik dari LETTO Cinta Bersabarlah :D

Memang mudah untuk mengucapkan kata-kata, merangkainya dalam bentuk tulisan. Tapi saya tidak akan berani menulis jika saya tidak yakin dengan apa yang saya tulis.. J

Keyakinan, membawa saya dalam sudut pandang akan kebesaran Tuhan.
Dalam agama saya Islam, keyakinan adalah akhir dari proses memahami dan dipahami, bahwa ALLAH SWT memang ada,, Saya yakin bahwa memang ada surga dan neraka pada akhir dunia ini. Sebuah keyakinan yang datang karena saya merasakan adanya sebuah kekuasaan maha agung, kekuasaan yang membuat saya bernafas, dan saya terus bersyukur dengan keyakinan saya. Sebuah keyakinan akan Dzat yang tidak terlihat, tidak teraba tetapi ketika merasa berada di dekatnya kita merasa tentram dan damai, percaya bahwa apapun pilihan kita akan menjadi dijadikan terbaik jika kita sudah berusaha dan menyerahkan keputusannya pada sang pencipta.


Keyakinan, membawa saya dalam kepercayaan akan terjadi sebuah hal baik dalam penantian saya.

Apakah kamu sudah yakin dengan pilihan mu sekarang?? Yakini dan jalani, terus berdoa untuk sebuah akhir yang sesuai dengan harapan, tapi ketika kenyataan tidak sesuai harapan maka teruslah yakin akan sesuatu yang terbaik terjadi setelah kita bisa melewati keterpurukan.

Jika kamu tidak yakin, maka segeralah untuk meninggalkannya,, meski kamu harus menyakiti orang di sekitarmu, lebih baik kamu menyakiti mereka sekarang, daripada menyakiti mereka nanti.
Karena jika kamu terlalu jauh menjalani sebuah ketidak yakinan, dan pada saat mereka sudah berharap terlalu banyak padamu dan kamu sudah tidak kuat lagi, maka kamu akan menyakiti dengan luka yang lebih besar, dan jika kamu sudah terlanjur menjalani ketidak yakinan itu,, segeralah akhiri temand...

Yakin lah sebelum memilih kawand, yakin lah sebelum bertindak.

Jabat Erat.

No comments: